Permintaan Tinggi, PT KAI Luncurkan KA Tambahan Cirebon-Bandung (1)

Rep: lilis/ Red: Damanhuri Zuhri

Ahad 03 Aug 2014 15:11 WIB

Stasiun Kereta Api Foto: Republika/ Yasin Habibi Stasiun Kereta Api

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- PT KAI Daop 3 Cirebon menambah perjalanan KA Ciremai Ekspres tujuan Cirebon-Bandung. Hal itu dilakukan mengingat tingginya permintaan masyarakat akan KA relasi tersebut.

''KA tambahan ini akan dijalankan mulai 5 Agustus 2014,'' ujar Manager Humas PT KA Daop 3 Cirebon, Gatut Sutiyatmoko, Ahad (3/8).

Gatut menjelaskan, KA itu melayani perjalanan Cirebon - Indramayu (Jatibarang, Haurgeulis) - Cikampek - Purwakarta-Cimahi dan Bandung. Sejak diluncurkan pertama kali pada 28 September 2013, permintaan tiket KA relasi tersebut selalu tinggi.

Gatut menambahkan, untuk sementara ini, KA Ciremai Ekspres tambahan yang berkapasitas 324 tempat duduk itu dioperasikan sebagai KA lebaran.

Namun, dalam pelaksanaannya, sembari dilakukan evaluasi. Apabila okupansinya tinggi, maka bisa dijalankan sebagai KA reguler.

''Masa angkutan lebaran diperpanjang hingga 10 Agustus 2014 mengingat intensitas penumpang sampai hari ini (Ahad) masih cukup tinggi,'' terang Gatut.

Gatut menjelaskan, KA Ciremai Ekspres tambahan itu memiliki jadwal baru. Yakni berangkat dari Stasiun Kejaksan Cirebon pukul 10.15 WIB dan pukul 20.05 WIB. Sementara keberangkatan dari Stasiun Bandung pukul 05.45 WIB dan pukul 15.05 WIB.

Menurut Gatut, KA Ciremai Ekspres tambahan yang akan diluncurkan nanti terdiri dari kelas Eksekutif dan Bisnis. Hal itu berbeda dengan KA Ciremai Ekspres yang dioperasikan sebelumnya, yang memiliki rangkaian kelas Eksekutif dan Ekonomi.

Untuk tarif kelas Eksekutif, harganya mulai Rp 105 ribu - Rp135 ribu. Sedangkan kelas Bisnis, mulai Rp 80 ribu - Rp 110 ribu. ''Bahkan ada tarif promosi sebesar Rp 79 ribu, sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku,'' kata Gatut.