Arus Balik di Pelabuhan Kendari Capai Puncaknya

Red: Didi Purwadi

Sabtu 02 Aug 2014 21:56 WIB

Arus balik. Ilustrasi Foto: Antara Arus balik. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Penumpang balik lebaran yang turun di Pelabuhan Kendari, Sulawesi Tenggara, pada H+5 lebaran atau Sabtu mencapai 2.627 orang.

Ketua Tim Posko Pengamanan Mudik Lebaran Kendari, Arivai, di Kendari, Sabtu, mengatakan penumpang balik lebaran tersebut berasal dari Baubau, Raha dan Langara.

"Penumpang balik dari Raha dan Baubau diangkut dengan empat armada kapal cepat. Dua kapal tiba pukul 13.00 wita dan dua kapal tiba pada pukul 15.30 wita.

Sedangkan penumpang dari Langara, Kabupaten Konawe Kepulauan, diangkut dengan Kapal penyeberangan Fery.

"Kapal penyeberangan Fery dari Langara yang memuat sekitar 130 penumpang tiba sekitar pukul 11.00 wita," katanya.

Sedangkan penumpang balik yang meninggalkan Pelabuhan Kendari kata Arivai juga tujuan Baubau, Raha dan Langara. "Penumpang balik dari Kendari diangkut dengan dua unit kapal, yakni kapal yang berangkat pagi pukul 07.30 wita dan berangkat siang pukul 13.00," katanya.

Sampai dengan H+5 lebaran, jumlah penumpang balik di Pelabuhan Kendari sudah mencapai 9.444 orang. Menurut dia, arus balik mudik lebaran di Pelabuhan Kendari Sabtu siang sudah mencapai puncak.

"Puncak arus balik lebaran masih akan terjadi hingga H+6 lebaran, Minggu (2/8)," katanya. Sebab pada H+7 lebaran atau Senin (4/8) para pegawai negeri sipil maupun karyawan swasta sudah harus kembali bekerja seperti biasa.