Malam Ini Puncak Arus Balik di Pelabuhan Merak

Red: Didi Purwadi

Sabtu 02 Aug 2014 20:40 WIB

Ribuan kendaraan pemudik antre saat akan masuk ke kapal roro untuk menyebrang ke Pulau Sumatera, di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (26/7) . Foto: Prayogi/Republika Ribuan kendaraan pemudik antre saat akan masuk ke kapal roro untuk menyebrang ke Pulau Sumatera, di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (26/7) .

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Arus balik pemudik dari Pulau Sumatera menuju Pelabuhan Merak akan terjadi Sabtu malam ini hingga Ahad dini hari karena pekan depan instansi pemerintah, BUMN dan perusahaan swasta sudah masuk kerja.

"Kami yakin pada H+5 lebaran itu akan terjadi puncak arus balik dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menuju Pelabuhan Merak pada malam hingga dini hari nanti," kata Manager Operasional PT ASDP Merak, Nana Sutisna, di Merak, Sabtu.

Diperkirakan penumpang yang sudah kembali ke Pulau Jawa dari Pulau Sumatera sekitar 45 persen atau 283.998 orang. Sedangkan, sisanya 347.919 orang dilaporkan belum menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menuju Pelabuhan Merak.

Saat ini, jumlah total pemudik dari H-1 sampai H-7 yang menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, sekitar 631.917 orang.

"Kami memprediksikan arus balik itu bertambah karena pemudik akan membawa sanak keluarga maupun pembantu rumah tangga," katanya.

Terpopuler