Mereka yang Merugi (3-habis)

Red: Damanhuri Zuhri

Sabtu 02 Aug 2014 17:12 WIB

Bulan Ramadhan menjanjikan sejuta pahala dan pengampunan dosa. Foto: Antara/Widodo S Jusuf Bulan Ramadhan menjanjikan sejuta pahala dan pengampunan dosa.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ratna Ajeng Tejomukti

Ketika berpuasa, mereka hanya menahan haus dan lapar, tetapi tidak menjaga hawa nafsu yang lain, hal-hal yang haram masih dilakukan, inilah sebagian ciri-ciri orang yang merugi ketika Ramadhan.

Ustazah Rafiqah menerangkan dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang tidak meninggalkan berkata dan berbuat dusta serta perbuatan bodoh maka Allah tidak butuh ia meninggalkan makan dan minumnya."

Saat berpuasa, seseorang jangan sampai jatuh ke dosa besar. Melakukan hal yang halal, seperti makan, minum, dan jima' bagi suami-istri pun dilarang.

“Jika jima’ dilakukan pasangan bukan suami istri (zina) maka hukumannya menjadi berlipat ganda sesuai dengan ketentuan Allah, dirajam bagi mereka yang telah menikah dan dicambuk serta diasingkan bagi mereka yang belum menikah,” ujar dia.

Sementara, perbuatan terlarang lainnya, seperti menggunjing, berdusta, menonton film porno tidak membatalkan puasa. Tetapi pahala itu sendiri yang kurang sempurna.

Untuk menghindari perbuatan maksiat ketika Ramadhanm sebaiknya kita menyibukkan diri dengan amalan sunah, seperti memperbanyak bacaan Alquran, berzikir, dan shalat sunah.

Lalu, beriktikaf di masjid, menghadiri kajian keagamaan, menghindari tontonan yang tidak bermanfaat, menghindari pergaulan negative, dan menghindari hal yang tidak penting.

Terpopuler