Arus Balik di Terminal Pulogadung Alami Penurunan

Red: Didi Purwadi

Sabtu 02 Aug 2014 16:04 WIB

Terminal Pulogadung Foto: Antara Terminal Pulogadung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puncak arus balik Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah melalui Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, diperkirakan turun sekitar 30 persen dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu.

Kepala Terminal Pulogadung, M Arafat, di Jakarta, Sabtu mengatakan jumlah penumpang yang akan tiba di Terminal Pulogadung pada H+5 lebaran sekitar 8.500 orang atau turun dari arus balik Idul Fitri tahun lalu yang mencapai 9.367 orang.

"Turunnya jumlah penumpang yang tiba pada tahun ini karena masyarakat beralih menggunakan jasa angkutan kereta api untuk balik ke Jakarta," katanya.

Selain itu, ada juga pengguna transportasi antarkota antarprovinsi tidak turun di terminal. Mereka turun di jalan yang dekat dengan tempat pengguna jasa.

Menurut Arafat, jumlah penumpang yang telah tiba hingga H+4 di Terminal Pulogadung mencapai 12.956 orang.

Kendati jumlah arus balik yang akan tiba di Pulogadung turun dibanding tahun sebelumnya, pihaknya terus melakukan berbagai upaya dalam memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada penumpang.

"Kami terus meningkatkan koordinasi dengan semua pihak dalam memaksimalkan berbagai pelayanan untuk menyambut lonjakan penumpang pada arus balik yang akan berlangsung pada H+5," katanya.

Terpopuler