Sudah 35 Pemudik Tewas di Jawa Barat

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Joko Sadewo

Sabtu 02 Aug 2014 15:46 WIB

Garis Polisi   (Ilustrasi) Foto: Arief Priyono/Antara Garis Polisi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -— Memasuki puncak arus balik yang diprediksi terjadi hari ini Sabtu (2/8) hingga Ahad (3/8), para pengemudi diminta tetap waspada di perjalanan. Imbauan ini merujuk pada angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang masih tinggi tahun ini meskipun cenderung menurun dibanding 2013 silam.

 

Kepolisian yang bertanggung jawab mengatur lantas dan keamanan di wilayah hukum Jawa Barat (Jabar) meminta para pengendara tetap fokus saat berkendara pulang.

Polda Jabar mencatat angka laka lantas hingga Jumat (1/8) sampai Sabtu dini hari di wilayah hukum mereka mencapai 99 kasus. “Angkanya memang relatif turun, ada penurunan sekitar 60 persen dibanding tahun lalu, tapi tetap warga masyarakat harus tetap sangat hati-hati,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar, Kombes Martinus Sitompul, Sabtu (2/8).

 

Martin mengatakan, angka laka lantas ini mulai didata Polda Jabar sejak H-6 lebaran. Dijelaskannya, sejumlah kecelakaan ini melibatkan 49 kendaraan roda dua dan dan 26 kendaraan roda empat.

Puluhan laka lantas terdata terjadi di sejumlah titik di Jabar seperti, Kabupaten Subang, Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon, Kabupaten Banjar, Kota Ciamis, Kota Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Tasimalaya dan sejumlah lokasi lainnya.

 

“Tercatat sampai H+1 kemarin ada 35 orang yang meninggal. Terbanyak waktu puncak arus mudik kemarin di H-2,” ujar perwira melati tiga ini.

 

Terpopuler