Warung Makan Empal Gentong Dipadati Pemudik

Rep: Lilis Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra

Sabtu 02 Aug 2014 15:45 WIB

Empal gentong cirebon/ilustrasi Foto: fansculinary.com Empal gentong cirebon/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  CIREBON – Kepenatan selama melakukan perjalanan arus balik dari kampung halaman menuju Jakarta, membuat para pemudik memilih beristirahat sambil menyantap makanan.

Untuk pemudik yang melintasi jalur pantura Cirebon, banyak di antara mereka yang memilih warung makan yang menyajikan makanan khas Cirebon, yakni Empal Gentong dan Empal Asem.

 

Berdasarkan pantauan, ratusan pemudik memadati warung makan, yang menyediakan Empal Gentong dan Empal Asem, di sepanjang jalur Kedawung – Weru, Sabtu (2/8) siang. Mereka tidak peduli meski harus putar arah maupun memarkir kendaraan di bahu jalan.

 

‘’Saya sangat ingin mencicipi Empal Gentong dari Cirebon yang sudah terkenal,’’ ujar pemudik asal Tegal yang akan kembali ke Cipayung, Jakarta Timur, Dani.

 

Hal senada diungkapkan pemudik tujuan Depok, Ratnadiah. Dia mengaku, setiap kali mudik, mesti mampir ke warung empal khas Cirebon.

 

"Rasanya susah diungkapkan, enak sekali dan bikin kangen untuk menyantapnya lagi,’’ tutur ibu dua orang anak itu.

 

Selain menyantap empal, tak sedikit pemudik yang juga membeli oleh-oleh khas Cirebon lainnya yang dijual di daerah tersebut. Yakni kerupuk rambak dan kerupuk melarat. Selain untuk buah tangan bagi tetangga dan sanak keluarga di kota tujuan, kerupuk tersebut juga dijadikan cemilan yang menemani selama perjalanan.

Terpopuler