Arus Balik di Halim Perdanakusuma Meningkat

Red: Muhammad Hafil

Jumat 01 Aug 2014 16:10 WIB

Bandara Halim Perdanakusuma Foto: Republika/Wihdan Hidayat Bandara Halim Perdanakusuma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Arus balik di Bandara Halim Perdanakusuma terus meningkat setiap harinya sebesar 70 persen mulai dari Lebaran kedua (29/7) hingga Kamis (31/7).

"Saat ini penumpang yang datang sudah mulai ramai, diperkirakan puncaknya memasuki hari ini sampai Minggu (3/8) nanti," kata General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Iwan Khrishadianto, di Jakarta, Jumat.

Iwan menambahkan peningkatan jumlah kedatangan penumpang mencapai 75 persen hingga H+3 Lebaran, yakni lebih dari 7.000 penumpang yang tiba di Halim Perdanakusuma.

Berdasarkan data Posko Lebaran 2014 Halim Perdanakusuma, ada 3.137 penumpang yang tiba pada H+3 Lebaran, sedangkan pada hari sebelumnya hanya 2.325 penumpang yang tiba.

Data sementara yang diperoleh menunjukkan ada 337 penumpang yang tiba dengan lima pesawat pada H+4 Lebaran pukul 09.12 WIB dari Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Cilacap, dan Palembang.

Sebanyak 35 pesawat dari beberapa maskapai, antara lain Citilink, Susi Air, Pelita Air, dan Gatari Air mampu membawa penumpang dari sejumlah wilayah di Tanah Air menuju Jakarta.

Bandara Halim Perdanakusuma pertama kalinya melayani penerbangan komersial saat Lebaran dengan wilayah tujuan Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Meski demikian, Iwan mengaku siaga mengantisipasi dengan lonjakan kedatangan penumpang. Kesiagaan tersebut dilakukan dengan koordinasi antara berbagai pihak, seperti operator taksi dan DAMRI untuk mengangkut penumpang yang tiba, serta pengamanan wilayah bandara oleh TNI dan Polri.

Terpopuler