Pemkab Cianjur Diminta Perbaiki Jalur Alternatif

Red: Didi Purwadi

Jumat 01 Aug 2014 13:17 WIB

Jalan rusak (ilustrasi) Foto: Antara/Yusran Uccang Jalan rusak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Pemkab Cianjur, Jawa Barat, diminta perbaiki sejumlah jalur alternatif yang kondisinya rusak berat, namun masih dilalui penguna jalan untuk menghindari macet total di Jalur Puncak-Cianjur.

"Seharusnya pemerintah daerah memperhatikan jalur alternatif ini karena selama ini terkesan dibiarkan atau dilupakan. Saat-saat seperti ini jalur alternatif Mariwati Cikalongkulon ini merupakan solusi menghindari macet puluhan kilometer di Puncak," kata Hadiwijaya (38), pendatang asal Jakarta Timur, Jumat.

Sejumlah jalur alternatif yang selama tetap direkomendasikan Polres Cianjur, namun penguna jalan yang melintas diimbau untuk waspada dan berhati-hati karena jalur tersebut rawan bencana longsor dan amblas.

Jalur alternatif tersebut seperti Jalan Hanjawar-Pacet dan Mariwati-Cikalongkulon dimana kondisi landasan jalan rusak berat dengan lubang berbagai ukuran terdapat di sepanjang jalur tersebut.

Bahkan di Jalur Mariwati-Cikalongkulon, sebagian kecil landasan jalan sudah tidak beraspal serta sejumlah ruas jalan tertutup longsoran tanah tebing yang terdapat di sepanjang jalur tersebut. Hal tersebut menyulitkan pengendara untuk melintas dengan dua arah.

Meskipun jalur tersebut dalam kondisi rusak berat, namun tidak menyurutkan niat penguna jalan yang sebagian besar warga lokal dan pendatang untuk melintas guna menghindari macet total berjam-jam di Jalur Puncak-Cianjur.

Terpopuler