Wisatawan Tinggalkan Tumpukan Sampah

Red: Joko Sadewo

Jumat 01 Aug 2014 11:48 WIB

  Tebaran sampah -ilustrasi- (Republika/ Yasin Habibi) Tebaran sampah -ilustrasi- (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Libur Idul Fitri 1435 Hijriyah yang dimanfaatkan ratusan ribu wisatawan yang datang dari berbagai daerah ke objek wisata laut Kabupaten Sukabumi menyisakan puluhan ton sampah.

Informasi yang dihimpun Antara dari Badan Penyelamat Wisata Tirta Kabupaten Sukabumi, mayoritas wisatawan yang datang ke objek wisata laut itu tidak memperhatikan keindahan dan kebersihan pantai. Dengan seenaknya para pelancong tersebut membuang sampah sembarangan di pesisir pantai mulai dari kertas sampai plastik hingga yang berbahan besi.

"Akibat wisatawan membuang sampah sembarang ini, di sepanjang pantai terdapat gundukan sampah, bahkan petugas kebersihan dan relawan yang setiap waktu membersihkan sampah tersebut kewalahan karena belum sadarnya wisatawan untuk membuang sampah pada tempatnya," kata Kepala Humas dan Infokom Balawista Kabupaten Sukabumi Dede Sumarna kepada Antara, Jumat (1/8).

Menurut Dede, sebenarnya Pemerintah Kabupaten Sukabumi, relawan, pemilik tempat usaha dan organisasi kemasyarakatan kerap membersihkan sampah sisa makanan serta alat yang digunakan wisatawan untuk berlibur, namun karena jumlah orang yang membersihkan sampah tidak sebanding maka pihaknya cukup kewalahan membersihkannya.

"Kami juga mengimbau seluruh wisatawan, walaupun tugas pokok kami adalah menyelamatkan dan menjaga pengunjung, tetapi dengan kondisi pantai yang kotor dengan sampah ini membuat tidak nyaman baik si wisatawan maupun warga yang bermukim di pesisir pantai," tambahnya.

Terpopuler