Terminal Pasir Hayam Mulai Dipadati Pemudik

Red: Joko Sadewo

Jumat 01 Aug 2014 11:39 WIB

Pemudik. Ilustrasi Foto: Antara Pemudik. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Terminal Pasir Hayam, Cianjur, Jawa Barat, Jumat (1/8) mulai dipadati pemudik yang hendak kembali ke perantauannya masing-masing.

"Meskipun jumlahnya belum terlihat tinggi, namun sejumlah pemilir sudah mulai terlihat memadati terminal ini, untuk kembali ke perantauannya masing-masing seperti ke wilayah Jabodetabek," kata Kepala Dishubkominfo Aban Sobandi. Ia memperkirakan puncak kepadatan penumpang di terminal tersebut akan terjadi pada hari Sabtu dan Ahad, saat jadwal libur pegawai habis.

Ia telah melakukan sejumlah antisipasi dengan menyiapkan puluhan armada untuk mengangkut pemudik khususnya dari wilayah Cianjur Selatan. Sedangkan untuk pemudik dengan tujuan Jabodetabek, pihaknya telah berkordinasi dengan perusahaan bus yang ada.

"Untuk hari ini, masih dalam hitungan ratusan orang. Diperkirakan besok dan Ahad jumlahnya akan terus meningkat," ungkapnya.

Sementara itu, sejumlah pemudik memilih untuk kembali ke perantauan lebih cepat karena takut tidak kebagian bus dan terjebak kemacetan di sejumlah titik rawan macet yang akan dilalui seperti di Jalur Puncak, Bogor dan seterusnya.

"Lebih baik kembali lebih cepat daripada terjebak kemacetan dan harus berebut untuk mendapatkan kursi di dalam bus. Hari Senin sudah harus masuk kerja, jadi ada waktu untuk beristirahat," kata Yusef (35), salah seorang pemudik dengan tujuan Tangerang.

Sementara itu sejumlah pemudik terlihat menunggu bus di sejumlah halte dan terminal bayangan yang banyak terdapat di Cianjur, seperti di Pertigaan Jalan Raya Sukabumi dan Jalan Raya Cipanas-Cianjur. Sebagian besar pemudik itu, menunggu bus dengan tujuan Jakarta dan Bekasi.

Terpopuler