Lonjakan Penumpang Tertinggi di Bandara Sepinggan

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Hazliansyah

Kamis 31 Jul 2014 15:08 WIB

Bandara Sepinggan Foto: blogspot Bandara Sepinggan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sampai dengan Kamis (31/7) sebanyak 32 bandara telah menyampaikan laporan kepada Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2014 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. 

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Barata menyampaikan, dari data yang masuk, diketahui telah terjadi peningkatan jumlah penumpang domestik di beberapa bandar udara. 

"Peningkatan jumlah penumpang domestik telah terjadi di beberapa bandara seperti di Balikpapan, Pangkal Pinang, Pontianak, Batam, Banjarmasin, Ternate, dan Palu,'' ujar Barata, Kamis (31/7). 

Peningkatan jumlah penumpang domestik tertinggi terjadi di Bandar Udara Sepinggan, Balikpapan. 

"Di Bandar Udara Sepinggan Balikpapan, peningkatan jumlah penumpang domestik sampai dengan H+1 kemarin persentase jumlah penumpang mencapai 21,30 persen,” kata Barata. 

Disamping penumpang domestik, peningkatan jumlah penumpang juga terjadi pada penumpang untuk rute internasional. 

“Dari tujuh bandar udara yang dipantau pada posisi H+1 peningkatan Jumlah penumpang internasional terjadi di Bandar Udara Kualanamu di Medan”, kata Barata. Peningkatan jumlah penumpang dengan rute luar negeri ini mencapai 25,90 persen. 

Akan tetapi dari 32 bandar udara yang dipantau tidak sedikit pula Bandar udara yang mengalami penurunan jumlah penumpang. 

“Bandar Udara Ngurah Rai, Denpasar menjadi salah satu Bandar udara yang mengalami penurunan jumlah penumpang domestik terendah dengan persentase 39,67 persen” kata Barata. 

Terpopuler