Arus Balik Lewat Jalur Selatan Jawa Barat Mulai Padat

Rep: c61/ Red: Joko Sadewo

Kamis 31 Jul 2014 07:34 WIB

Jalur alternatif Lingkar Gentong Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustom Jalur alternatif Lingkar Gentong

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Memasuki hari ketiga libur Lebaran, Rabu (30/7) arus balik mudik mulai terlihat di  Jalur Selatan Jawa Barat. Sejak Selasa malam tanjakan Gentong menunjukkan adanya peningkatan arus kendaraan.

Kendaraan yang melintas didominasi sepeda motor dan mobil pribadi menuju arah Bandung. Hari ini, kemungkinan besar jalur Gentong sampai Lingkar Nagreg akan peningkatan arus lalu lintas yang signifikan. Sebab, ada beberapa karyawan yang sudah mulai kerja di H-5.

"Pihak kepolisian sudah menyisiati jika ada penumpukan kendaraan,"kata Kapolsek Kadipaten AKP Rudi Suherman.

Rudi juga mengimbau agar kendaraan yang hendak melintasi Jalur Gentong dalam kondisi prima. Agar tidak ada lagi kendaraan yang tak kuat menanjak. Hal tersebut bisa memicu kendaraan terjadinya kemacetan di Jalur Gentong.

Sementara itu Kapolsek Nagreg Kompol Sumantri B Ori, mengaku semenjak hari Lebaran arus lalu lintas setiap harinya selalu ada peningktan.

Arus kendaraan juga mulai meningkat di kawasan Kadungora dan Leles di Kabupaten Garut. Namun kemacetan tersebut akibat pertemuan kendaraan antara pelancong dengan pemudik. Bahkan kepadatan arus kendaraan di Kadungora bisa mencapai 30 Kilometer.

Untuk mengancegah kemacetan panjang, dirinya sudah menempatkan beberapa personal di kawasan wisata. Sehingga pihak kepolisian dapat merekayasa jalur jika terjadi kemacetan panjang.

Terpopuler