Libur Lebaran Ditarget Sedot 125 Ribu Wisatawan ke Sleman

Rep: Nur Aini/ Red: Agung Sasongko

Kamis 31 Jul 2014 04:10 WIB

Wisatawan lokal memadati pantai wisata Glayem, Indramayu, Jawa Barat, Foto: Republika/Darmawan Wisatawan lokal memadati pantai wisata Glayem, Indramayu, Jawa Barat,

REPUBLIKA.CO.ID,  SLEMAN -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman menarget kunjungan hingga 125 ribu wisatawan ke berbagai destinasi wisata selama sembilan hari libur Lebaran 2014. Kawasan wisata Kaliurang dan tur lereng Merapi (Volcano Tour) menjadi andalan destinasi wisata yang ditarget menyedot banyak pengunjung.

"Kawasan Kaliurang dan Volcano Tour Merapi banyak diminati, jadi ikon dan unggulan wisata sleman, " ujar Kepala Disbudpar  Sleman, Ayu Laksmidewi, Rabu (30/7).

Target kunjungan wisatawan pada libur lebaran tahun ini lebih rendah dari jumlah realisasi kunjungan pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 145.718 orang. Jumlah kunjungan terbanyak ke Candi Prambanana dengan 78.841 orang. Kunjungan terbanyak lainnya ke kawasan Kaliurang dengan 33 ribu pengunjung.

Ayu mengungkapkan destinasi wisata di Sleman sudah disiapkan untuk menyambut kunjungan wisatawan selama libur lebaran. Pelaku pariwisata dan pemandu sudah dibimbing sebelumnya agar lebih siap menyambut lonjakan pengunjung. "Kami sudah membina pelaku, pemandu pariwisata, dan pedagang di kawasan Kaliurang dan desa wisata," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Sleman, Agoes Soesilo Endiarto menambahkan pemudik merupakan target sasaran untuk meningkatkan jumlah kunjungan. Karena itu, posko mudik juga harus menginformasikan wisata bagi pemudik.

"Pemudik tidak hanya pulang kampung tetapi juga ingin berwisata, sehingga kami dorong posko mudik untuk menginformasikan soal wisata," ungkapnya.

Terpopuler