Hati-Hati Lewati Jembatan Cikamuning Tol Purbaleunyi

Rep: Elba Damhuri/ Red: Didi Purwadi

Rabu 30 Jul 2014 19:57 WIB

Ruas jalan tol Jakarta-Cikampek ,Purbaleunyi, Jawa Barat. Foto: Republika/Nonang MR Ruas jalan tol Jakarta-Cikampek ,Purbaleunyi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- Para pengemudi arus balik diminta berhati-hati melewati jembatan Cikamuning tol Purbaleunyi arah Jakarta. Jalan yang menurun dan bergelombang di jembatan itu bisa memicu kecelakaan lalu lintas.

"Apalagi pengemudi biasanya mengebut karena jalan yang turunan itu," kata Hartono, pengemudi mobil pribadi saat dijumpai di rest area km 56 tol Cikampek-Jakarta, Rabu (30/7).

Biasanya, kata Hartono, pengemudi kehilangan kontrol saat mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan tinggi di jembatan itu. Ia menyarankan agar pengemudi arus balik mudik Lebaran untuk menahan laju kendaraannya di jembatan Cikamuning.

Jalan bergelombang dan sedikit berbelok di jembatan, kata dia, menyebabkan mobil menjadi kurang stabil dan kerap terdorong. Jika kendaraan berada dalam kecepatan tinggi akan membahayakan pengemudi lainnya dan bisa menyebabkan kecelakaan beruntun.

Jembatan Cikamuning terletak di km 115-116 tol Purbaleunyi. Dari arah Jakarta, jembatan ini menanjak sehingga tidak terlalu membahayakan pengemudi.

Terpopuler