Basarnas: Waspada Ketika Berlibur di Pantai

Red: Agung Sasongko

Selasa 29 Jul 2014 17:03 WIB

Pengunjung aksi bermain di Pantai Padang, Sumatera Barat Foto: Antara Pengunjung aksi bermain di Pantai Padang, Sumatera Barat

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Padang mencatat dua orang korban tenggelam di di dua lokasi berbeda pada Lebaran kedua Idul Fitri 1435 H. "Korban tenggelam yakni Randi (23) tenggelam di Muara Batang Masang, Pariaman, dan Sidiq (17) warga Manggopoh Lubuk Basung, Kabupaten Agam," kata Kasi Operasi Kantor SAR Padang, Juanda Sogo di Padangpariaman, Selasa (29/7).

Ia menjelaskan, Randi tenggelam di Pantai Kata diketahui sekitar pukul 13.30 WIB, sedangkan Sidiq tenggelam di Pantai Artha sekitar pukul 11.05 WIB. "Setelah menerima laporan dari warga, Basarnas turun menyisir tempat kejadian untuk mencari korban tenggelam tersebut,"ungkapnya.

Informasi yang diterima Basarnas, Randi maupun Sidiq pergi ke menikmati objek wisata pantai sambil mandi-mandi mengisi liburan Idul Fitri.

"Teman-teman selama ini mengetahui korban pandai berenang menganggap telah biasa berenang di Pantai sama dengan di sungai. Namun setelah ditunggu beberapa menit tidak muncul sehingga membuat panik dan berupaya mencari korban," ujar Juanda Sogo.

Ia mengatakan, Basarnas saat ini masih melakukan pencarian terhadap korban tenggelam di dua tempat yang berbeda tersebut. "Pihaknya membagi dua tim dalam upaya melakukan pencarian korban tenggelam," katanya.

Ia menjelaskan, pencarian korban tenggelam di Muaro Batang Masang Kota Pariaman menggunakan Rubber Boat dan Searider. "Sedang korban tenggelam di Pantai Arta Kabupaten Padangpariaman pencarian dengan menggunakan satu kapal cepat," ujarnya.

Pencarian korban tenggelam di dua lokasi tersebut dilakukan hingga pukul 18.00 WIB. "Sesuai dengan standar pencarian korban tenggelam dilakukan hingga tujuh hari," jelas Juanda Sogo.

Terpopuler