Ancol Dikunjungi 78 Ribu Pengunjung

Red: Yeyen Rostiyani

Selasa 29 Jul 2014 16:32 WIB

Akuarium raksasa di Ancol, Jakarta Utara. Foto: Yasin Habibi/Republika Akuarium raksasa di Ancol, Jakarta Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKRTA - Ancol Taman Impian dipadati pengunjung yang mencapai 78.000 orang pada hari kedua Idul Fitri 1435 Hijriah, Selasa (29/7), sementara wahana Dunia Fantasi didatangi 7.000 pengunjung.

Manajer Komunikasi Perusahaan, Metty Yan Harahap memperkirakan jumlah tersebut akan terus bertambah pada Selasa sore harinya.

"Diperkirakan akan terus bertambah karena data tadi yang kami kumpulkan hingga jam 12 siang," kata Metty.

Menurut Metty, kepadatan pengunjung diperkirakan mencapai puncaknya pada hari kedua Idul Fitri (Selasa) maupun pada Rabu dan Kamis. Namun, Ancol telah mempersiapkan kepadatan pengunjung selama satu pekan libur Lebaran.

 

"Karena jelang akhir libur sekolah, kemungkinan hingga akhir pekan libur Lebaran pun akan tetap ramai. Kami prediksi akan terasa sekali bertambah pengunjungnya," ujar Metty.

Dalam menyambut liburan pada pekan Lebaran 2014, Ancol membuka loket tambahan di setiap pintu gerbang untuk mengantisipasi panjangnya antrean kendaraan. 

Sementara itu, untuk kantong parkir disiapkan untuk menampung 12.000 kendaraan roda empat dan 12.000 kendaraan roda dua. Selain di dalam area, jalur protokol akses masuk, seluruh pintu masuk, dan area parkir Ancol, pengamanan dan pengaturan lalulintas juga akan dilakukan pada ring luar. 

Untuk memudahkan pergerakan pengunjung di dalam kawasan, disiapkan sebanyak 10 buah bus wara wiri sebagai inner transportation menuju titik-titik di kawasan-kawasan di dalam area Ancol. Untuk kebersihan, Ancol mengoptimalkan dan mengefektifkan jumlah petugas kebersihan, menyediakan toilet tambahan berupa toilet portabel, serta mushalla tambahan di sekitar pusat konsentrasi pengunjung. 

Ancol juga telah mempersiapkan operasional kelancaran lalu lintas kendaraan yang masuk ke kawasan Ancol. Semua pintu gerbang (Barat, Marina, Busway, Timur, Selatan, dan Carnaval) dibuka untuk menjaga kelancaran keluar-masuk kendaraan.