Lebaran Kedua, Jalur Pantura Padat

Rep: c85/ Red: Joko Sadewo

Selasa 29 Jul 2014 16:14 WIB

 Jalur Pantura (ilustrasi) Foto: Republika/Wihdan/ca Jalur Pantura (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES - Memasuki Lebaran hari kedua, jalur pantai utara (pantura) kembali ramai oleh pemudik. Berdasarkan pantauan ROL, ruas jalan dari Jakarta menuju Semarang terpantau padat merayap setelah memasuki perbatasan Cirebon-Brebes.

Panjang antrian kendaraan mencapai 5 km. Kendaraan roda empat dan sepeda motor terpaksa memelankan lajunya. Bahkan memasuki Brebes kota, mobil harus melaju dengan kecepatan rata-rata 10 km/jam.

Kemacetan ini disebabkan oleh ramainya alun-alun Brebes dan penyempitan ruas jalan setelah memasuki batas kota. Mengantisipasi hal ini, pihak kepolisian menggeser pembatas jalan di depan alun-alun Brebes untuk memberi ruang tambahan bagi kendaraan yang melaju dari arah barat.

 

Kemacetan kembali terurai setelah pertigaan yang memisahkan jalur ke arah Tegal dan Brebes Kota. Memasuki jalur pantura ke arah Tegal, lalu lintas kembali ramai lancar.

Untuk arah sebaliknya menuju Jakarta, belum ada peningkatan jumlah kendaraan secara siginifikan. Puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada H+3 hingga H+5 Lebaran hari kedua.