Kaliurang dan Lereng Merapi Jadi Destinasi Favorit Wisatawan

Rep: Nur Aini/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 29 Jul 2014 15:38 WIB

Wisata Kaliurang dan lereng Merapi Foto: Antara Wisata Kaliurang dan lereng Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Berkunjung ke kawasan wisata Kaliurang dan lereng Merapi dengan fasilitas Volcano Tour di Kecamatan Cangkringan masih menjadi pilihan mengisi liburan bagi wisatawan di Kabupaten Sleman. Di hari kedua Lebaran ini (29/7), kedua tempat wisata tersebut sudah dibuka dan mulai ramai dikunjungi wisatawan. 

Kawasan wisata Kaliurang menawarkan panorama pegunungan dan suasana alami. Hawa sejuk di Kaliurang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di kawasan wisata ini, terdapat beberapa titik tempat yang layak dikunjungi seperti Gardu Pandang Boyong, Taman Rekreasi Anak, Hutan Wisata, dan Tlogo Putri. Untuk keliling kawasan, layanan kereta kelinci maupun jeep wisata disediakan bagi wisatawan. 

Wisatawan juga bisa mengikuti tur ke lereng Gunung Merapi dengan menggunakan jeep dan trail. Fasilitas wisata yang sering disebut Volcano Tour tersebut menawarkan panorama alam pasca erupsi Merapi 2010. Selama tur dengan jeep atau trail, wisatawan dapat mengunjungi bekas rumah juru kunci Merapi Mbah Maridjan, bunker Kaliadem, Batu Alien, serta Museum Rumahku Sisa Hartaku. Jumlah jeep wisata yang beroperasi di kawasan Kaliadem saat ini mencapai 75 unit, sementara jumlah trail mencapai 30 unit. 

Destinasi wisata lain yang masih berdekatan dengan kawasan Kaliurang adalah Museum Gunungapi Merapi dan Museum Ullen Sentalu. Sementara, destinasi yang juga dapat dikunjungi selama libur Lebaran di Sleman antaralain berbagai museum yakni Monumen Jogja Kembali, Museum Pendidikan Indonesia di UNY, Museum Affandi, serta Museum Dirgantara Mandala. 

Sejumlah candi pun siap menerima kunjungan wisatawan selama libur lebaran. Candi tersebut antaralain Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Kalasan, Candi Sambisari, Camdi Banyunibo, dan Candi Ijo.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman, Ayu Laksmidewi mengakui wisatawan masih menjadikan Kaliurang dan Lereng Merapi dengan Volcano Tour sebagai destinasi favorit selama libur Lebaran. Dari pengalaman tahun lalu selama libur lebaran, wisatawan yang berkunjung ke kawasan Kaliurang mencapai 33 ribu orang. Jumlah kunjungan terbanyak berada di Taman Nasional Gunung Merapi.

Untuk menyambut lonjakan wisatawan tahun ini, layanan wisata di kedua destinasi tersebut sudah disiapkan jauh hari. "Destinasi wisata di Sleman siap untuk menyambut libur lebaran ini dengan penambahan berbagai fasilitas seperti taman bermain anak," ujar Ayu, Selasa. 

Berbagai layanan wisata di Kaliurang pun sudah buka pada Lebaran kedua. Polisi pariwisata dilibatkan untuk mengamankan tempat wisata di sekitar Sleman yang mulai ramai dengan wisatawan. 

Terpopuler