Macet, Pemudik Tunggu Bus Sampai 5 Jam

Rep: fauzi ridwan/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 29 Jul 2014 13:50 WIB

Kendaraan roda empat dan roda dua terjebak macet di jalur keluar pintu tol Jagorawi menuju puncak, Ciawi, Bogor, Jabar Foto: Yasin Habibi/Republika Kendaraan roda empat dan roda dua terjebak macet di jalur keluar pintu tol Jagorawi menuju puncak, Ciawi, Bogor, Jabar

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Kemacetan arus kendaraan pada hari kedua lebaran di Gerbang Tol Cikampek serta di wilayah Bandung membuat pemudik yang menggunakan moda transportasi umum bus harus rela menunggu kedatangan bus di Simpang Cikopo sampai 5 jam.

"Sudah menunggu 5 jam karena tidak ada bus umum Cikarang-Garut yang melewati jalur Cikopo," ujar Nandang, salah satu pemudik yang akan pulang ke Lamboyan, Garut kepada Republika, Selasa (29/7).

Menurutnya, kemungkinan tidak adanya bus yang melewati Simpang Cikopo karena bis terjebak macet di wilayah Bandung. "Padahal tahun lalu dan sebelumnya selalu lancar," katanya. 

Ia mengatakan sejak 20 tahun berada di Kabupaten Karawang. Baru kali ini, ia merasakan arus kendaraan macet total sampai bus tidak bisa melewati. "Sejak jam tujuh menunggu bus," ungkapnya. 

Menurutnya, biasa jika ia akan pulang mudik ke Garut. Saat sampai di Simpang Cikopo, ia akan langsung mendapati bus Cikarang-Garut dan langsung berangkat. Tidak menunggu lama. "Saat datang langsung naik bus," katanya. 

Nandang mengatakan tetap akan menunggu bus karena ingin segera sampai ke rumah di Garut. Serta, mempunyai pekerjaan lain yang harus diselesaikan.

Nandang bersama cucunya, Aldi, harus rela kepanasan karena menunggu kedatangan bus Cikarang-Garut di Simpang Cikopo agar bisa pulang ke kampung halaman.