Kenaikan Volume Kendaraan Pemudik Capai 14 Persen

Red: Yudha Manggala P Putra

Selasa 29 Jul 2014 14:50 WIB

Ilustrasi. (Republika/ Wihdan) Foto: Republika/ Wihdan Ilustrasi. (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- PT Jasa Marga Cabang Tangerang - Jakarta, memprediksi kenaikan volume kendaraan saat arus mudik capai 14 persen.

Deputy General Manager Traffict Management PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Tangerang Andrie Kustiawan, Selasa (29/7) mengatakan pihaknya mengklaim bila dalam sehari kendaraan yang melintas mencapai 90.792 kendaraan.

"Kenaikan kendaraan selama arus mudik diperkirakan mencapai 14 persen dengan estimasi 90.792 kendaraan dalam sehari," ujarnya.

Ia mengatakan, lonjakan kendaraan terjadi sejak H-7 hingga H-1 lebaran yakni tanggal 21 - 27 Juli. Bahkan, saat libur kerja sudah mulai serentak terjadi.

Sedangkan untuk titik terdapat volume kendaraan berada di pintu tol karang Tengah dengan total 1.222.819 kendaraan.

"Titik kepadatan kendaraan sejak H-7 sampai H-1 berada di Karang Tengah," katanya.

Sementara itu, untuk puncak arus balik, diperkirakan terjadi pada H+2 dan H+3. Kepadatan kendaraan akan mulai terlihat. "Dua hari pasca lebaran, sudah mulai terlihat arus balik," katanya.

Perlu diketahui, PT Jasa Marga menyiapkan uang recehan sebesar RP1 Miliar untuk pembayaran tarif di gerbang Tol Jakarta - Tangerang saat mudik lebaran 2014.

Tak hanya itu saja, PT Jasa Marga pun menyiapkan karcis tanda terima manual (KTTM) sebanyak 545.000 lembar.

Bila nantinya terjadi penumpukan kendaraan di pintu tol akibat volume keendaraan meningkat, maka akan diberlakukan sistem penjemputan oleh petugas ke setiap kendaraan.

Pada mudik lebaran tahun 2014, PT Jasa Marga mengerahkan sebanyak 450 petugas yang akan ditempatkan di 64 gardu transaksi.

Terpopuler