Jalan Alternatif Cileungsi - Jonggol Ramai Lancar Hingga Macet

Rep: Hilyatun Nishlah/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 29 Jul 2014 13:05 WIB

Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di jembatan Kertosono, Nganjuk, Jawa Timur, Ahad (27/7). Foto: antara Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di jembatan Kertosono, Nganjuk, Jawa Timur, Ahad (27/7).

REPUBLIKA.CO.ID, CILEUNGSI -- Memasuki hari lebaran kedua, jalan alternatif Cileungsi-Jonggol dalam keadaan ramai lancar hingga macet. Hal tersebut diperkirakan karena kendaraan berbondong-bondong menuju tempat pariwisata. 

"Hari pertama lebaran sama dengan saat ini, ramai lancar hingga macet," ujar Hamdani, petugas Posko Pam Angkutan Lebaran 2014 Kab Bogor, Selasa (29/7). 

Ia berkata, kendaaran mudik tidak lagi melintad di jalan alternatif Cileungsi-Jonggol yang mengarah ke Cianjur - Bandung. Hal tersebut dikarenakan rata-rata dari kendaraan ini menuju tempat pariwisata yang berlokasi di Cileungsi. 

Salah satunya seperti, Taman Buah Mekarsari, Water Kingdom maupun Water Joy. Khususnya Taman Buah Mekarsari. 

"Dari hari pertama hingga saat ini sekitar 1000 hingga 2000 kendaraan yang melintas di jalan alternatif Cileungsi-Jonggol.," ujarnya. 

Selain itu, dikarenakan arus kendaaran yang ramai, kemacetan tak terhindarkan hingga 5 km. Hamdani mengatakan, kemacetan biasanya dimulai dari pukul 10.00 hingga 18.00 WIB. 

Diperkirakan kemacetan akan terus terjadi hingga hari Ahad 3 Agustus. Bertepatan dengan masa akhir liburan lebaran. Selain itu, pada Ahad pula diperkirakan kendaraan arus balik dari Bandung - Cianjur yang menggunakan jalur alternatif akan memadati jalan alternatif Cileungsi-Jonggol. 

Petugas posko menghimbau para pengendara agar berhati-hati dalam melaju di jalan Girijaya, perbatasan Kab Bogor dengan Cianjur. Dikarenakan sering terjadi kecelakaan karena jalur yang bekelok-kelok. 

Terpopuler