Puluhan Ribu Orang Tetap Mudik dari Bakauheni Saat Lebaran

Rep: c60/ Red: Bilal Ramadhan

Selasa 29 Jul 2014 13:50 WIB

  Antrean sejumlah kendaraan roda dua yang akan menyeberang ke Bakauheni, di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (24/7). (Republika/Prayogi) Antrean sejumlah kendaraan roda dua yang akan menyeberang ke Bakauheni, di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (24/7). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK-- Lebaran telah tiba. Tetapi, Pelabuhan Bakauheni masih disibukkan oleh pemudik ke Pulau Jawa. Walaupun telah memasuki hari lebaran, dalam sehari, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan telah menyeberangkan 27.228 jiwa.

Pemudik yang menuju ke pulau jawa umumnya didominasi oleh kendaraan roda empat. Jumlah kendaraan roda empat yang menyeberang berjumlah sebanyak 3.371 unit. Kendaraan roda dua yang menyeberang sebanyak 1.835, bus berjumlah 123, sementara truk berjumlah 149. Secara umum total kendaraan yang menyeberang sebanyak 5.478 unit.

Pemudik dari Bakauheni pada hari lebara lebih banyak dari sebelumnya yang hanya berjumlah 20 ribu lebih. Diperkirakan, pelabuhan merak akan dipenuhi penumpang pada arus balik di H-2. Diperkirakan arus balik terbesar akan terjadi pada tanggal H+2 nanti.

Namun diperkirakan tidak akan ada arus besar seperti yang terjadi di Pelabuhan Merak. Sebab saat arus balik, warga tidak dikejar hari tertentu seperti saat arus mudik.