Tempat Wisata di Bandung Diserbu Pengunjung

Red: Bilal Ramadhan

Selasa 29 Jul 2014 11:30 WIB

Kawah putih Ciwidey Foto: fanpop.com Kawah putih Ciwidey

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Objek wisata di Bandung Raya dipadati pengunjung yang memanfaatkan libur Hari Raya Idul Fitri 1435 H sehingga mengakibatkan kepadatan arus lalu lintas di kawasan wisata itu, Selasa.

Sejumlah objek wisata yang menjadi favorit kunjungan adalah Kebun Binatang dan Taman Lalu Lintas Kota Bandung, Maribaya Lembang dan Gunung Tangkuban Parahu Kabupaten Bandung Barat serta Pangalengan dan Ciwidey di Kabupaten Bandung.

Sedangkan di kawasan timur Bandung, objek wisata Curug Cinulang menjadi primadona kawula muda kawasan itu untuk mengisi liburan lebarannya. Kebun Binatang Bandung, langsung diserbu pengunjung sejak Hari Raya Idul Fitri (Senin, 28/7) sehingga kawasan itu menjadi padat.

Bahkan petugas kebun binatang itu menutup pintu dua untuk mengatasi membeludaknya pengunjung ke objek wisata yang berlokasi di Jalan Tamansari Kota Bandung itu. "Hari Lebaran langsung membeludak, bahkan kami harus menutup pintu dua untuk menghindari membeludaknya pengunjung di kawasan kebun binatang. Mereka harus bergantian keluar masuk," kata Bidang Humas Kebun Binatang Bandung, Sudaryo.

Akibatnya kawasan Jalan Tamansari Bandung terjadi kepadatan sehingga Polantas Polrestabes Bandung harus melakukan rekayasa jalur di kawasan itu. Hal sama dengan Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani di Jalan Belitung Kota Bandung juga menjadi tujuan wisata, khususnya bagi anak-anak. Seperti halnya Kebun Binatang Bandung, Taman Lalu Lintas itu juga diserbu pengunjung sejak hari lebaran.

Sementara itu kemacetan arus lalu lintas tidak dapat terelakkan di kawasan wisata Lembang Kabupaten Bandung. Wisatawan selain melakukan wisata kuliner di kawasan Lembang dan Maribaya, juga berwisata ke kawasan Gunung Tangkuban Parahu.

Kemacetan di pintu masuk Gunung Tangkuban Parahu meluber hingga ke jalan raya Lembang - Subang sehingga terjadi kemacetan arus lalu lintas. "Kepadatan arus lalu lintas padat hingga Lembang, termasuk juga di jalur tembus Ciumbuleuit dan Dago Bengkok. Kepadatan terjadi sejak Lebaran kemarin, dan akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan," kata AKP Saparman di Pospam Polrestabes Bandung di Ledeng Kota Bandung.

Jalur Lembang yang sepanjang Senin (28/7) dan Selasa padi padat itu juga merupakan jalan akses menuju objek wisara Ciater di Kabupaten Subang. Sama halnya di kawasan objek wisata Rancabali Ciwidey juga padat pengunjung sejak Senin kemarin.

Kendaraan roda empat dan roda dua meningkat signifikan dalam dua hari terakhir menuju ke kawasan obyek wisata air dan Kawah Putih Gunung Patuha itu. Selain warga lokal, wisatawan yang mengalir di kawasan itu juga berasal dari luar kota seperti dari Jabotabek dan Purwakarta dan Cianjur.

"Dominasi kendaraan roda dua, selain itu juga kendaraan pribadi dari warga Bandung maupun kendaraan dari luar Bandung. Personil diperkuat di jalur itu termasuk melakukan pengawalan terbuka dan tertutup di kawasan itu," kata Aipda Ade dari Polsek Ciwidey.

Objek wisata di kawasan Ciwidey yang menjadi tujuan adalah objek wisata Kawah Putih, pemandian Cimanggu, Rancawalini dan Rancaupas serta ke obyek wisata Situ Patenggang. Di kawasan Pangalengan, serbuan wisatawan lokal Bandung mendominasi ke jalur wisata Situ Cileunca dan obyek wisata pemandian air panas Cibolang.

Kawasan obyek wisata Situ Cisanti yang juga hulu Sungai Citarum menjadi obyek wisata yang menjadi tujuan wisatawan lokal dari kawasan Bandung selatan. Tak hanya obyek wisata alam yang diserbu pengunjung pada liburan Lebaran kali ini. Sejumlah kolam renang yang ada di Bandung juga diserbu pengunjung seperti Kolam Renang Karangserta di kawasan Sukajadi Kota Bandung, serta sejumlah kolam renang dan waterboom di kawasan Kabupaten Bandung bagian selatan.

"Hari Lebaran kemarin jumlahnya tidak signifikan, namun Selasa hari ini pengunjung sudah membludak sejak pagi," kata Tatang Sumarna, seorang petugas tiket di kolam renang di Ciparay.

Terpopuler