Kapolri: Lebaran di Jakarta Aman

Rep: c70/ Red: M Akbar

Senin 28 Jul 2014 22:55 WIB

 Kapolri Jenderal Polisi Sutarman (kedua kiri) didampingi Kapolda Jabar Inspektur Jenderal (Pol) Mochammad Iriawan (kedua kanan) saat meninjau jalur mudik Nagreg, Ahad (27/7). (foto: Septianjar Muharam) Kapolri Jenderal Polisi Sutarman (kedua kiri) didampingi Kapolda Jabar Inspektur Jenderal (Pol) Mochammad Iriawan (kedua kanan) saat meninjau jalur mudik Nagreg, Ahad (27/7). (foto: Septianjar Muharam)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Sutarman mengatakan situasi dan kondisi pada hari H Lebaran sangat aman. Hal tersebut lantaran kepolisian melakukan upaya pencegahan dan deteksi dini.

"Kita juga melakukan penegakan hukum yang selama ini ada upaya-upaya melakukan terorisme itu semuanya bisa dilakukan pencegahan sekaligus penegakan hukum," kata Sutarman di Jakarta, Senin (28/7).

Dikatakannya, pihaknya juga telah melakukan penambahan pasukan disetiap wilayah di DKI Jakarta. Namun dikarenakan jumlah personel yang terbatas, anggota ada yang ditugaskan menjaga tempat-tempat tertentu ada pula yang melakukan patroli.

"Personel kita sudah disebar, lebih dari 245 ribu sedang dalam proses pengamanan pilpres (pemilihan presiden), juga 86 ribu lebih untuk pengamanan lebaran," tutur Sutarman.

Menurutnya petugas juga akan melakukan pengamanan terhadap masyarakat yang akan melakukan silaturahmi menuju ke tempat keluarga.

"Itu menjadi tanggung jawab kita untuk mengamankan. Karena mengamankan itu separuh dari tugas Ketuhanan," tambahnya.