Bandara Halim Sepi Saat Lebaran

Red: Chairul Akhmad

Selasa 29 Jul 2014 06:58 WIB

Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta. Foto: Republika/Wihdan Hidayat/ca Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Suasana di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada hari pertama Lebaran 1435 H (Senin 28/7), sepi bila dibandingkan dengan saat H-1 atau Ahad (27/7 ).

Airport Duty Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Budi Istoro, mengatakan, data yang diinput khusus untuk kedatangan total penerbangang ada sembilan dengan jumlah penumpang 340 orang. Sedangkan untuk keberangkatan total penerbangan 12 dengan penumpang sebanyak 1.176 orang.

“Bila dibandingkan dengan hari sebelumnya, puncak kepadatan terjadi pada H-3 atau Jumat (25/7) dimana total penumpang yang berangkat 3.631 orang,” ujar Budi, Senin (28/7).

Kemudian pada H-2 atau Sabtu (26/7) terjadi penurunan total penumpang 3.478 orang. Sedangkan pada H-1 atau Ahad (27/7) totalnya mencapai 2.989 orang.

Untuk pertama kali pada tahun ini, Bandara Halim Perdanakusuma menyiapkan penerbangan bagi para pemudik. Guna kelancaran arus mudik-balik pihak bandara bekerja sama dengan kepolisian, TNI-AU, dan pihak-pihak terkait lain.

Budi mengatakan, untuk mengantisipasi arus balik ada kebijakan khusus dari pihak bandara untuk berkoordinasi dengan pihak pengelola angkutan darat yang menyiapkan taksi dan juga bus Damri bagi para penumpang yang akan tiba.

“Perkembangan selanjutnya, akan dilihat data arus balik sehingga akan dikoordinasikan untuk fasilitas kendaraan bagi para penumpang yang tiba,” ujarnya.