Dewan Dakwah Salurkan ZIS Rp 31 Juta

Red: Didi Purwadi

Senin 28 Jul 2014 12:45 WIB

Zakat fitrah (ilustrasi). Foto: blogspot.com Zakat fitrah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Al Furqon Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Jakarta Pusat menyalurkan zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) sebesar Rp 31.185.500 menjelang hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1435 H yang jatuh pada Senin.

"Seluruh zakat, infaq, shodaqoh dan fidyah yang diterima dari umat sudah selesai disalurkan kepada yang berhak pada bakda maghrib, Minggu (27/8)," kata Ketua Panitia Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Masjid Al Furqon Dewan Dakwah, Nanang Nurkholis, di Jakarta, Senin.

Rincian ZIS yang disalurkan Dewan Dakwah yaitu zakat fitrah Rp 17.153.000, zakat maal Rp 8.600.000, infaq dan shodaqoh Rp 4.832.500 serta fidyah Rp 600.000.

Selain dalam bentuk uang, Dewan Dakwah juga menerima zakat fitrah dan fidyah dalam bentuk beras masing-masing 96 kilogram dan 59 kilogram.

Sementara itu, dalam khutbah shalat Idul Fitri, Ketua Umum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia KH Syuhada Bahri mengatakan bulan Ramadhan merupakan wujud kasih sayang Allah kepada manusia karena diberi kesempatan untuk menghapus kesalahan seberapa pun besar dosa manusia.

"Rasulullah menegaskan, siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ridha Allah, Allah akan menghapuskan dosa orang tersebut," kata KH Syuhada Bahri.

Syuhada mengatakan, melalui aktivitas Ramadhan, Allah memberikan kesempatan dan rahmat yang tak terhingga. Allah berfirman bahwa puasa itu untuk Allah dan Allah akan langsung memberikan pahalanya dengan berlipat ganda.

Pada bulan Ramadhan pula, kasih sayang Allah terbukti dengan pintu surga dibuka lebar, pintu neraka ditutup rapat dan setan diikat.

"Itu bukti kasih sayang Allah. Allah tidak ingin kita menderita, apalagi masuk neraka," ujarnya.

Terpopuler