Pemudik Pengguna Pesawat Naik Hingga 25 Persen

Red: Mansyur Faqih

Senin 28 Jul 2014 09:04 WIB

Penguna jasa pesawat terbang memadati pintu 1 B keberangkatan dalam negri bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten , Jumat (25/7) Foto: Tahta Aidilla/Republika Penguna jasa pesawat terbang memadati pintu 1 B keberangkatan dalam negri bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten , Jumat (25/7)

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAI RAYA -- PT Angkasa Pura II cabang Bandara Supadio Pontianak mengungkapkan jumlah penumpang pada puncak arus mudik pada Sabtu (26/7) dan Ahad (27/7) naik hingga 25 persen.

"Untuk arus kedatangan dan keberangkatan penumpang di Bandara Udara Supadio pada H-1 Lebaran tahun ini meningkat dengan perkiraan penumpang hingga 35 persen dibanding hari biasa," kata Kepala Dinas Operasional Penerbangan PT Angkasa Pura II cabang Bandara Supadio Pontianak, Syarif Usmulyani Alqadrie di Sungai Raya, Ahad.

Dia menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang tersebut juga lebih besar dibanding tahun lalu. Diperkirakan, peningkatan penumpang tersebut masih akan terjadi pada H+7 Lebaran nanti.

"Jika kita lihat dari pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan penumpang itu masih akan terjadi hingga H+7 Lebaran nanti," tuturnya.

Sebelumnya, kata Usmulyani, pada H-3 Lebaran, peningkatan jumlah penumpang sudah mencapai 10 ribu orang untuk arus datang dan pergi. Kondisi ini di luar perkiraan sebelumnya yang diprediksi tujuh ribu orang.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, beberapa maskapai seperti NAM Air dan Kalstar saat ini sudah mengajukan penambahan jam terbang.

Namun, beberapa maskapai penerbangan lainnya seperti Garuda dan Lion tidak menambah penerbangan. Karena mereka sekarang menggunakan pesawat tipe NG sehingga banyak menampung penumpang.

Menurut dia, akibat peningkatan jumlah penumpang tersebut, tiket penerbangan saat ini sulit dicari. Karena dari laporan setiap maskapai yang ada, hingga H+ 5 pelaksanaan Lebaran nanti, tiket habis dipesan oleh masyarakat.

Terpopuler