Festival Bedug Ramaikan Malam Takbiran di Kota Tangerang

Rep: c80/ Red: Joko Sadewo

Ahad 27 Jul 2014 23:22 WIB

Sejumlah peserta beraksi menabuh bedug. (ilustrasi). Foto: Antara/Reza Fitriyanto Sejumlah peserta beraksi menabuh bedug. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG -- Ada pemandangan berbeda di Kota Tangerang, terutama di Masjid Al - A zhom yang tepat berada di balai kota Tangerang. Para remaja masjid mengadakan festival Bedug yang melombakan keterampilan menabuh bedug.

Madsani, ketua panitia festival Bedug, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengajak remaja islam agar merayakan takbiran dengan cara - cara yang positif. " kita berinisiatif mengadakan festival Bedug ini untuk mengurangi kegiatan.negatif daripada pemuda islam," katanya saat ditemui Republika Online (ROL) di Masjid Al -Azhom, kota Tangerang, Minggu (27/7) malam.

Hal tersebut dilakukan, lanjut Madsani, atas dasar kekhawatiran pemuda -pemuda muslim saat ini cenderung salah mengekspresikan perayaan malam takbiran. "Fenomena sekarang kan pemuda islam kalau malam takbiran sukanya pada konvoi dijalan pake sepeda motor, mobil dan itu kan berpotensi bahaya," ujarnya.

Acara festival Bedug ini merupakan yang ke 12 kalinya diadakan setelah pertama kali dilaksanakan pada tahun 2002. Serta untuk tahun ini diikuti oleh 23 kelompok penabuh bedug yang berasal dari kabupaten Tangerang 11 kelompok, 10 kelompok dari Kota Tangerang serta 2 kelompok dari Jakarta.