H-1, Situasi Stasiun Gambir Lebih Ramai

Rep: c91/ Red: Mansyur Faqih

Ahad 27 Jul 2014 17:52 WIB

Pemudik menunggu kereta di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (22/7). Foto: Yasin Habibi/Republika Pemudik menunggu kereta di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (22/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Situasi di Stasiun Kereta Api (KA) Gambir pada H-1 hari ini, Ahad (27/7) tampak lebih ramai dari kemarin. Para pemudik terlihat memadati loby selatan stasiun.

Mereka duduk di lantai sambil memegangi barang bawaannya. Seperti kardus, koper, dan tas besar. Beberapa orang duduk di atas bangku besi yang disediakan stasiun. Para pemudik terlihat sabar menunggu keretanya tiba.

Sampai pukul 11.35 WIB, sebanyak 13 kereta telah diberangkatkan sejak pukul 05.15 WIB. Rencananya hingga pukul 13.30 WIB, KA yang akan diberangkatkan sejumlah 17.

Selain menunggu sambil duduk, ada pula penumpang yang memilih berkeliling memutari area stasiun untuk menghilangkan kejenuhan. Bahkan beberapa orang, memilih makan siang dahulu di foodcourt yang tersedia. 

Banyak pemudik yang memilih tak puasa, karena akan melakukan perjalanan panjang. Mujiono (44 tahun) mengaku tak berpuasa karena kampung halamannya cukup jauh di Surabaya, Jawa Timur. Meski begitu anak dan istrinya tetap puasa.

Para petugas kemanan dari Polri, Polda, Pramuka, Garnisun, dan Polsuska pun terus berkeliling mengamankan kondisi stasiun. Sejauh ini, tak ada kejadian atau masalah berarti, semua masih aman dan dalam pengawasan. 

Terpopuler