Mayoritas Pemudik Keluhkan Sakit Kepala dan Maag

Rep: C75/ Red: Didi Purwadi

Ahad 27 Jul 2014 15:00 WIB

Pemudik sepeda motor Foto: Republika/ Yasin Habibi Pemudik sepeda motor

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Satu hari jelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah, arus mudik kendaraan roda dua dan empat semakin meningkat. Berbagai keluhan pun mulai banyak dirasakan pemudik yaitu sakit kepala dan maag.

"Mayoritas yang datang ke pos kesehatan mengeluhkan sakit kepala, maag dan mual," ujar Evi Linda beserta Lilis dan Neneng, perawat di pos kesehatan Gamon, Puskesmas Cicinde, Kabupaten Karawang, Ahad (27/7).

Ia menuturkan sejak 23 hingga 27 Juli, total pemudik yang berobat ke pos kesehatan Gamon berjumlah 49 orang. "Rata-rata pemudik berobat karena kepanasan dan macet," ungkapnya.

Menurutnya, pemudik yang banyak berobat di pos kesehatan berasal dari pemudik yang menggunakan mobil angkutan dan sepeda motor. "Banyaknya dari mobil angkot dan kendaraan roda dua dari jalur baru," katanya.

Evi mengatakan pihaknya memberikan obat-obatan standar untuk mengobati keluhan para pemudik dengan memberikan penghilang rasa sakit pusing dan maag.

Menurutnya, sampai saat ini belum ada pemudik yang mengeluhkan penyakit berat. Jika terdapat pemudik yang mengeluhkan penyakit berat maka akan dirujuk ke Rumah Sakit terdekat.

Terpopuler