REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guna menambah kenyamanan dan mempermudah akses informasi bagi penumpang KA, kini di Stasiun Tanah Abang tersedia layanan Customer Service Mobile (CSM). Petugas CSM berjaga di area stasiun sehingga para penumpang yang ingin mencari informasi seputar KA tak perlu mendatangi kantor customer service. Layanan CSM ini dicetuskan oleh Komunitas Edan Sepur yang merupakan kumpulan para pecinta KA.
Nadia, seorang petugas CSM di Stasiun Tanah Abang menuturkan, baru tahun ini Komunitas Edan Sepur mengadakan CSM. "Setiap jelang Lebaran kami memang membuka posko di stasiun tapi untuk tahun ini ditambah CSM," terangnya. Para petugas yang berjaga di posko dan CSM bekerja secara suka rela. "Kami relawan dan tidak meminta kompensasi apapun," tambah Nadia.
Nadia tergabung dalam Komunitas Edan Sepur Daop I. Ia mengatakan komunitas ini sudah berskala nasional dan tersebar di tiap Daop. Untuk wilayah Jakarta, relawan komunitas diterjunkan di lima stasiun besar. Kelima stasiun itu adalah Stasiun Pasar Senen, Jatinegara, Tanah Abang, Gambir, dan Jakarta Kota. Namun, khusus Stasiun Tanah Abang, tidak dibuka posko karena skala stasiunnya tidak sebesar empat stasiun lain.
Posko dan CSM yang diorganisir oleh Komunitas Edan Sepur mulai bekerja sejak 14 Juli hingga 14 Agustus mendatang. Para petugas CSM bekerja dari pukul 07.00-21.30. Mereka terbagi dalam dua shift kerja. Selama satu bulan, lebih dari 25 relawan diterjunkan menjadi CSM. Sebagai tanda pengenal, relawan CSM mengenakan selempang biru yang bertuliskan Customer Service Mobile.