Lima Kapal Pemudik Sudah Merapat di Pelabuhan Semarang

Red: Bilal Ramadhan

Ahad 27 Jul 2014 16:00 WIB

Ribuan kendaraan pemudik antre saat akan masuk ke kapal roro untuk menyebrang ke Pulau Sumatera, di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (26/7). (Republika/Prayogi) Ribuan kendaraan pemudik antre saat akan masuk ke kapal roro untuk menyebrang ke Pulau Sumatera, di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (26/7). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG-- Lima kapal pengangkut pemudik dari Kalimantan masuk ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada hari Minggu yang merupakan puncak arus mudik pada Lebaran tahun ini.

"Sehari menjelang Lebaran ini merupakan puncak arus mudik di Tanjung Emas, ada lima kapal yang akan datang sekaligus," kata Administratur Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Carollus.

Kelima kapal yang datang tersebut masing-masing KM Lawit, KM Leuser, KM Kumai, KM Kirana, serta KM Egon.

Ia memperkirakan lebih dari 10 ribu pemudik asal sejumlah daerah di Kalimantan akan turun. Menurut dia, tidak ada masalah jika lima kapal tersebut akan bersandar di pelabuhan dalam hari yang sama.

"Dermaga kita panjang, dipastikan bisa meski datang di hari yang sama," ucapnya.

Selain lima kapal penumpang dari Kalimantan, kata dia, terdapat satu kapal lagi yang akan datang membawa pemudik bersepeda motor dari Jakarta. Para pemudik yang diangkut gratis tersebut dibawa oleh KM Nikisei.

Ia menuturkan belum ada permasalahan serius selama pelaksanaan arus mudik di Pelabuhan Tanjung Emas pada Lebaran kali ini. Ia menjelaskan masalah yang selalu terjadi dari tahun ke tahun yakni ketersediaan transportasi umum lanjutan bagi penumpang kapal yang baru tiba.

"Angkutan lanjutan masih sangat kurang, padahal para penumpang ini bawa banyak barang dan tidak mau repot lagi naik angkutan umum," tuturnya.

Terpopuler