Puncak Mudik di Pantura, 10 Ribu Kendaraan Melintas Per Jam

Rep: c85/ Red: M Akbar

Ahad 27 Jul 2014 11:27 WIB

 Kendaraan terjebak macet di Jalur Pantura Comal, Pemalang, Jateng, Jumat (18/7). (Antara/Oky Lukmansyah) Kendaraan terjebak macet di Jalur Pantura Comal, Pemalang, Jateng, Jumat (18/7). (Antara/Oky Lukmansyah)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Puncak arus mudik yang melewati jalur pantai utara Jawa (pantura) terjadi pada Sabtu (26/7). Berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Indramayu, tercatat ada 10.000 kendaraan yang melintasi pantura setiap jamnya.

"Dari jumlah itu, 8.000 di antaranya sepeda motor," ujar Kusin, kasie Lalu Lintas dan Angkutan Dishubkominfo Indramayu, kepada ROL, Ahad (27/7).

Sampai saat ini, pemudik dengan sepeda motor masih mendominasi kepadatan lalu lintas. Berdasarkan pantauan ROL, di SPBU yang tersebar di sepanjang pantura, menjelang tengah malam penuh dengan motor pemudik yang parkir untuk beristirahat.

Sekitar pukul delapan malam tadi, ruas pantura Kandanghaur sempat mengalami penumpukan kendaraan lantaran jalan terendam banjir setinggi 10-20 cm. Meskipun tidak tinggi, namun genangan air cukup untuk membuat kendaraan memelankan lajunya dan berpotensi macet.

Saat dikonfirmasi melalui telepon, Kusin mengatakan kendaraan sudah terurai dan menjelang tengah malam ini kondisi ramai lancar.

Terpopuler