Simpang Jomin Masih Macet

Red: Agung Sasongko

 Sabtu 26 Jul 2014 18:59 WIB

Simpang Jomin, Karawang, Jawa Barat. Foto: Antara Simpang Jomin, Karawang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Sejumlah titik dari arah Jakarta menuju jalur Pantura wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melintasi simpang Jomin masih macet pada H-2 Lebaran atau Sabtu petang.

Kemacetan diantaranya terjadi di jalan raya Purwasari atau jalan arteri Karawang menuju simpang Jomin. Kemacetan di titik tersebut cukup parah, kendaraan pemudik yang didominasi kendaraan pribadi dan bus itu nyaris tidak bergerak.

Di sepanjang jalan itu, kendaraan roda empat pemudik sampai melewati bahu jalan "berjibaku" dengan pemudik yang menggunakan sepeda motor. Kepadatan kendaraan di jalan arteri Karawang menuju simpang Jomin terjadi karena banyak kendaraan yang dialihkan keluar gerbang Tol Karawang Timur dan gerbang Tol Dawuan.

Setelah keluar dari dua gerbang tol tersebut, kendaraan pemudik harus melintasi jalan arteri Karawang arah Karawang kota dan memutar arah di depot Pertamina atau di wilayah Klari. Titik lain yang mengalami kemacetan ialah jalan raya Cikopo atau jalur arah gerbang Tol Cikampek menuju simpang Jomin. Arus lalu lintas di titik itu tersendat akibat masih tingginya kendaraan pemudik menuju jalur Pantura.

Dalam mengatasi jalur Pantura yang semakin padat, petugas mengalihkan kendaraan pemudik arah Jawa Tengah untuk melintasi jalur tengah (Sadang-Subang-Cikamurang). Pengalihan arus itu sendiri dilakukan aparat kepolisian dari Polres Purwakarta, tepat di pertigaan Cikopo, Kabupaten Purwakarta.

Di titik lain, sepanjang H-2 Lebaran 2014, petugas juga sempat mengalihkan kendaraan pemudik tujuan Jawa Tengah menuju jalur selatan atau melewati gerbang Tol Cileunyi. Sementara itu, sesuai dengan catatan PT Jasa Marga, jumlah kendaraan yang keluar melalui gerbang Tol Cikampek sejak Jumat (25/7) pagi sampai Sabtu pagi mencapai 36.000 kendaraan.

Pihak Jasa Marga menyatakan puncak arus mudik lebaran tahun ini yang melalui gerbang Tol Cikampek terjadi pada H-3 Lebaran dan H-2 Lebaran.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X