Anggota Pramuka Bantu Layani Pemudik

Red: Erik Purnama Putra

Ahad 27 Jul 2014 11:12 WIB

Pemudik motor melintas di Jalur Pantura, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (26/7). Foto: Republika/Wihdan Hidayat Pemudik motor melintas di Jalur Pantura, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (26/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sejumlah anggota Pramuka dari Kwartir Nasional (Kwarnas) membagikan obat-obatan antara lain obat antimabuk dan antimasuk angin ke pemudik di Terminal Lebak Bulus Jakarta Selatan, Sabtu (26/7).

"Hanya obat ringan untuk menghindari mabuk dan masuk angin bagi pemudik," kata Koordinator Lapangan, Aulia Rahman, di terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Dia mengatakan sebanyak 10 orang anggota pramuka ditugaskan Kwarnas di terminal tersebut melalui program 'Pramuka Peduli Lebaran 2014'.

Selain membagikan obat, para anggota pramuka yang berasal dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 dan MAN 13 Jakarta itu juga membantu pemudik mengangkat barang ke dalam bus. "Selama empat hari, kami membantu pemudik yang akan berangkat ke kota tujuan dari terminal ini," tambahnya.

Rahman mengatakan mereka ditugaskan membantu pemudik di terminal tersebut sejak H-7 hingga H-3 Idul Fitri 1435 Hijriah. Para anggota pramuka itu bekerja sama dengan anggota polisi yang bertugas di pos terminal Lebak Bulus.

Salah seorang pemudik tujuan Kota Madiun, Jawa Timur, Riska yang menerima bantuan obat mengatakan sangat terbantu dengan program peduli Lebaran dari pramuka tersebut. "Saya dapat obat antimabuk, kebetulan lupa bawa dari rumah, jadi sangat terbantu dan terima kasih," katanya.

Pemudik tujuan Solo, Mujarah, juga mengapresiasi bantuan para anggota pramuka itu yang membagikan obat antimasuk angin. "Saya dapat obat antimasuk angin, karena perjalanan juga jauh dan lama, obat ini berguna mencegah masuk angin," katanya.

Dia juga mengapresiasi bantuan anggota pramuka yang menolong pemudik mengangkat barang ke dalam bus, terutama pemudik yang sudah lanjut usia dan ibu-ibu.

Pantauan di terminal Lebak Bulus, sejumlah bus angkutan antar kota antar provinsi masih melayani pemudik di terminal tersebut. Bus-bus di terminal tersebut melayani pemudik ke berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Terpopuler