'Pegang Kartu Kereta dengan Tangan Kiri'

Rep: c88/ Red: Mansyur Faqih

Sabtu 26 Jul 2014 12:54 WIB

Pemudik Stasiun Pasar Senen: Pemudik menunggu kereta api ekonomi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis, (24/7). Foto: Yasin Habibi/Republika Pemudik Stasiun Pasar Senen: Pemudik menunggu kereta api ekonomi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis, (24/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stasiun Tanah Abang menyarankan para calon penumpang memegang kartu kereta dengan tangan kiri. Tujuannya, untuk mempercepat jalannya penumpang masuk ke peron.

Jelang siang, kepadatan di stasiun ini semakin meningkat. Karenanya, untuk mempercepat masuknya penumpang, mereka disarankan memegang kartu dengan tangan kiri.

Arum Binang, salah seorang petugas keamanan stasiun, mengatakan, berkali-kali mengingatkan para penumpang dengan pengeras suara. Mesin tapping, kata dia, ada di sisi kiri penumpang. 

Sehingga dengan memegang kartu kereta di tangan kiri akan mempercepat arus masuk penumpang dan tidak mengakibatkan antrean.

Ia mengatakan, masih banyak penumpang yang terburu-buru atau disibukkan dengan barang bawaan. Mereka akhirnya hanya asal-asalan menempelkan kartu. 

Hal ini menyebabkan mesin pemindai tidak dapat membaca kartu dengan tepat.

"Sudah ada keterangannya di mesin dan kami juga peringatkan berkali-kali lewat pengeras suara. Namun masih banyak penumpang yang kerepotan melakukan tapping," ujar Arum. 

Terpopuler