Inilah Tips Mudik Aman di Terminal

Rep: C69/ Red: M Akbar

Sabtu 26 Jul 2014 15:33 WIB

Penumpang menunggu kedatangan bus antar provinsi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Jumat (25/7).(Republika/ Yasin Habibi) Foto: Republika/ Yasin Habibi Penumpang menunggu kedatangan bus antar provinsi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Jumat (25/7).(Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemudik diminta berhati-hati terhadap barang bawaan. Imbauan ini disampaikan karena begitu banyak modus kejahatan yang dilakukan, terutama bagi para pemudik yang berada di terminal.

AKP Sudarmono, kepala tim Pos Pengamanan (Pospam) Terminal Cicaheum, memperingatkan kepada pemudik di terminal itu agar waspada pada tindak kriminal yang mungkin terjadi. "Hati-hati banyak copet, hati-hati hipnotis," katanya, Sabtu (26/7).

Menurutnya berbagai tindak kriminal itu biasanya menangkap setiap kesempatan yang ada. Maka, ia dan para personil di sana selalu siap memperingatkan para calon penumpang dengan pengeras suara.

"Tujuannya supaya masyarakat siap jika mereka siap nggak ada kesempatan bagi kejahatan, Insya' Allah aman," jelasnya.

Ia menilai tahun ini keadaan berlangsung kondusif. Sampai hari ini pihaknya belum menerima laporan tindak kejahatan di kawasan itu. Berbeda dengan tahun lalu, menurutnya di periode sama dalam sehari bisa ada 5-10 korban melapor.

"Polisi juga sudah siap, kali ini petugas kami sebar juga semoga jadi takut dan tidak ada kejadian yang tidak diinginkan," jelas Sudarmono lagi.

Terpopuler