Pramuka Bantu Pengamanan Mudik di Lima Stasiun Jakarta

Rep: C88/ Red: M Akbar

Sabtu 26 Jul 2014 15:11 WIB

Pramuka (ilustrasi) Foto: Republika/Aditya Pradana Putra Pramuka (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para anggota pramuka penegak se-Jakarta ikut membantu pelayanan arus mudik di lima stasiun besar Jakarta. Stasiun yang menjadi area tugas para pramuka adalah Stasiun Tanah Abang (Pramuka Jaksel), Gambir (Pramuka Jakpus), Jakarta Kota (Pramuka Jakbar), Pasar Senen (Pramuka Jakut), dan Jatinegara (Pramuka Jaktim). Mereka bertugas mulai pukul 07.30-17.30 WIB.

Menurut Pembina pendamping, Agus Dwi Purwadi, pihak KAI sendiri yang meminta para anggota Pramuka untuk membantu pelayanan di stasiun selama arus mudik. Para anggota pramuka ini bekerja sejak 23 Juli hingga 27 Juli 2014.

"Dirut PT KAI mengirim surat ke kwartir nasional kemudian diteruskan ke kwartir daerah," ujarnya saat ditemui di Stasiun Tanah Abang pada Sabtu (26/7).

Agus menambahkan, ada 15 anggota pramuka dan dua pembina pendamping yang diterjunkan di tiap stasiun. Para pramuka akan membantu proses ticketing, menjaga peron, dan mengatur penumpang yang akan naik ke kereta. Menurutnya tidak ada pembinaan khusus yang diberikan sebelum para pramuka ditugaskan di stasiun.

"Kita hanya mengingatkan kalau stasiun itu rawan dan mereka juga harus selalu ramah kepada penumpang," imbuh pria yang sehari-harinya bekerja sebagai staf pembinaan di kwartir cabang Jakarta Selatan.

Selain di stasiun, anggota pramuka juga ditugaskan ke terminal. Terminal yang memperoleh bantuan anggota pramuka di antaranya Terminal Grogol, Kampung Rambutan, Rawamangun, dan Pulo Gadung. Jumlah pramuka di terminal tergantung dari luas areal terminal.

"Jadi jumlah pramuka di tiap terminal tidak sama," pungkas dia.

Terpopuler