Stasiun Gambir Dipadati Pemudik, namun tetap Aman

Rep: C91/ Red: Julkifli Marbun

Sabtu 26 Jul 2014 12:09 WIB

Gambir Foto: Republika/Tahta Aidilla Gambir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak Jumat malam, stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta Pusat, terus dipenuhi pemudik. Diperkirakan hari ini, tepat H-2 Lebaran, puncak arus mudik terjadi, Sabtu (26/7).

"Di perkirakan hari ini hingga H-1 merupakan puncak arus mudik Lebaran di stasiun," tutur Kepala Stasiun Gambir, Edi Kuswoyo. Keberangkatan dari pukul 05.15 sampai 19.35 WIB telah mencapai 10.540 penumpang, melalui 26 KA reguler dan 3 KA tambahan yang berangkat dari Stasiun Gambir.

Para pemudik duduk di ubin tanpa alas menunggu keretanya datang. Beberapa anak kecil yang mulai bosan tidur di pangkuan ibunya.

Kawasan di Jakarta Pusat sempat diguyur hujan, namun para pemudik tetap datang membawa banyak kardus, dan tas besar. Mereka pun memadati area lobby utama di sisi Selatan Stasiun Gambir.

Meski arus mudik mulai meningkat, tetapi kondisi masih aman terkendali. Tak ada keributan atau kepadatan yang berarti. Polisi dan petugas keamanan stasiun terus berkeliling mengawasi kelancaran arus mudik, bahkan di depan stasiun, posko arus mudik dari kepolisian dibuat.

Pihak Stasiun juga telah menyediakan sekitar 200 petugas gabungan keamanan untuk mengamankan situasi arus mudik di sekitar Stasiun Gambir.

Terpopuler