Pemudik Sepeda Motor Kuasai Merak

Rep: C60/ Red: M Akbar

Sabtu 26 Jul 2014 11:20 WIB

Pemudik Motor Foto: Republika/ Yasin Habibi Pemudik Motor

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak terjadi hari ini. Dalam sehari, pemudik yang telah diantarkan ke Pulau Sumatera berjumlah 123.262 jiwa. Pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua berjumlah 15.390 unit.

Untuk meminimalisir angka terjadinya kecelakaan dan kejahatan, petugas gabungan Polri, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Cabang Merak dan pihak lain sepakat untuk mengutamakan sepeda motor sejak Sabtu (26/7) dini hari.

"Sepeda motor dikhususkan untuk dermaga lima," ujar Kapolsek Merak, Kamarul Wahyudi, saat dihubungi ROL Sabtu (26/7).

Sementara lahan parkir kapal di dermaga empat yang sedianya dikhusukan untuk sepeda motor, tidak digunakan semuanya. "Roda dua menggunakan lahan parkir di dek atas, sementara yg dibawah untuk mobil," ujar dia.

Kapolres memprediksi, pembludakan kendaraan yang terjadi diprediksi akan berangsur berkurang. "Insyallah, sentar lagi juga habis," ujar Kamarul.

Untuk mengangkut ratusan ribu pemudik, sebanyak 28 kapal Ro-Ro dikerahkan tanpa henti hingga 92 trip.  Roda empat yang menyeberang tercatat sebanyak 9.823, bus 695 dan truk 71 unit.

Untuk mengindari terjadinya penumpukan di depan pintu masuk pelabuhan Merak, Polisi melakukan sistem buka tutup untuk kendaraan arah Merak di Flyover Cikuasa atas dilakukan sejak Jumat (25/7) jam 11.00 Wib malam, hingga Sabtu (26/7) dini hari.

Terpopuler