Menhub Tanggapi Wacana Pemindahan Pelabuhan Merak

Rep: c67/ Red: M Akbar

Sabtu 26 Jul 2014 11:10 WIB

Menteri Perhubungan EE Mangindaan Foto: Antara Menteri Perhubungan EE Mangindaan

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Menteri Perhubungan, E.E Mangindaan menanggapi pernyataan Menteri perekonomian, Chairul Tanjung yang akan memindahkan pelabuhan Merak. Menurut Manggindaan, selain dermaga, pengerukan juga perlu diperhatikan.

"Agar pergerakan kapal bisa menjadi lebih leluasa," ujar Mangindaan, Sabtu (26/7) kepada wartawan saat meninjau ke pelabuhan Merak.

Mangindaan mengatakan, masih banyak peraiaran yang dangkal sehingga diperlukan pengerukan. Terutama di daerah Merak, lanjut Mangindaan juga masih banyak yang dangkal. Oleh sebab itu, ia menegaskan, pengerukan juga perlu diutamakan.

Mangindaan menambahkan, keselamatan kapal harus diutamakan. Oleh karena itu, mengenai pemindahan pelabuhan akan dibicarakan lebih lanjut.

Sebelumnya, Chairul Tanjung dalam tinjauan langsungnya ke pelabuhan Merak, Jumat (25/7) menyatakan akan memindahkan pelabuhan. Pasalnya, pelabuhan sudah sempit untuk jangka panjang. Akibatnya, kata Chairul, pelabuhan tidak mampu menampung kepadatan kendaraan yang sangat besar.

Terpopuler