Bus Terlambat Datang, Pemudik Menumpuk di Terminal Cicaheum

Rep: C69/ Red: M Akbar

Sabtu 26 Jul 2014 10:56 WIB

Terminal Cicaheum, Bandung Foto: Antara Terminal Cicaheum, Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dua hari mendekati lebaran, tumpukan pemudik yang akan memanfaatkan jasa angkutan bus sudah terlihat memenuhi Terminal Cicaheum Kota Bandung.

Penumpukan ini terjadi karena masa liburan sudah tiba. Hal lainnya ditambah angkutan dengan tujuan Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran mengalami keterlambatan.

"Frekuensi kemacetan cukup tinggi di jalur selatan dengan adanya pengalihan kendaraan dari utara ke selatan sehubungan dengan insiden Jembatan Comal," terang Abdul Haris, Kepala Terminal, Sabtu (26/7).

Keramaian penumpang hari ini diperkirakan akan meningkat dibanding kemarin (H-3). Haris memprediksi akan ada peningkatan sebanyak 20 per sen. Sebaliknya, untuk jumlah armada justru dikatakan akan menurun pada hari ini.

Penurunan jumlah armada, menurut Haris, terkait dengan adanya keterlambatan datang dari jadwal semula. Selain itu masyarakat juga dipaksa agar mamanfaatkan bus yang ada hingga penuh.

Hari sebelumnya, pihak terminal beberapa kali memberangkatkan bus yang hanya terisi 20-25 orang. Pada H-3 terdapat 283 bus yang diberangkatkan, sementara jumlah penumpang sebanyak 8.242 orang.

"Kalaupun ada kenaikan jumlah armada, paling hanya 5-7 per sen. Hari ini kita maksimalkan, jumlah penumpang sesuai dengan kapasitas tempat duduk yang ada," jelas Haris.

Terpopuler