Kreasi Es Kelapa untuk Hari Raya

Red: bahasa

Sabtu 26 Jul 2014 09:50 WIB

Es Buacoco Foto: Rep Es Buacoco

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bingung mencari ide untuk sajian Hari Raya? Bagaimana dengan membuat es kelapa yang berbeda.

Bila umumnya es kelapa dibuat dengan mencampur air kelapa dan sirup, kali ini es kelapa akan tampil beda. Sajian yang beda ini tak hanya enak rasanya, tapi juga segar dan sanggup menambah vitalitas. 

Dan, yang terpenting membuatnya sangat mudah. Chef Yuda Bustara mengatakan, agar Lebaran disambut dengan penuh semangat, sejumlah kreasi minuman bisa dibuat. Minuman tersebut, katanya, bisa diracik menggunakan minuman kemasan yang siap pakai. 

 “Kreasi minuman tersebut disajikan dengan cara yang praktis, mudah dan menyenangkan dengan memanfaatkan kebaikan buah-buah khas nusantara, seperti air kelapa, sirsak, dan markisa yang multimanfaat dan bernutrisi,” kata Yuda menjelaskan.

Dokter spesialis gizi, Fiastuti Witjaksono, menambahkan selama Lebaran, sebaiknya minuman yang dipilih adalah minuman yang tak hanya menyegarkan, tapi juga mengandung nutrisi. 

''Perjalanan mudik yang panjang atau silaturahim ke tempat kerabat biasanya cukup menguras energi, sehingga penting untuk mengonsumsi minuman yang bisa dengan cepat mengembalikan kesegaran dan vitalitas,'' katanya. 

Minuman racikan Yuda Bustara kali ini menggunakan air kelapa siap pakai dalam kemasan. Berikut resepnya untuk empat porsi minuman. 

 

Es Buacoco

Bahan:

1 liter air kelapa siap pakai

1 buah kelapa muda diambil dagingnya

40 ml susu kental manis

1 buah jeruk lemon

Es batu secukupnya

 

Cara Membuat:

Masukkan daging kelapa ke dalam wadah. Tambahkan perasan jeruk lemon sedikit saja untuk memberi kesegaran. Kemudian, tuang air kelapa siap pakai dalam kemasan. Tambahkan es batu lalu siram susu kental manis. Minuman siap disajikan.

 

Redaktur: Indira Rezki Sari

Terpopuler