Pagi Ini Jalur Mudik Motor di Karawang Macet Parah

Red: Nidia Zuraya

Sabtu 26 Jul 2014 08:05 WIB

Jalur Karawang Foto: Antara Jalur Karawang

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Arus lalu lintas jalur mudik khusus sepeda motor di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, macet parah menyusul terus melonjaknya pemudik bermotor memasuki H-2 Lebaran atau Sabtu (26/7) dini hari. Kemacetan parah terjadi di sejumlah titik seperti di Plawad, Telagasari, Cikalong, serta di titik-titik jalur mudik khusus sepeda motor lainnya.

"Pemudik bermotor terus melonjak. Sehingga arus lalu lintas di jalur khusus sepeda motor benar-benar padat," kata seorang petugas pengamanan lebaran nonpolri, Kaming, di Karawang, Sabtu (26/7).

Kepadatan hingga mengakibatkan kemacetan di jalur mudik khusus sepeda motor itu juga dipengaruhi kondisi beberapa titik menuju simpang Jomin yang mengalami kemacetan parah. Ia menyatakan, banyak pemudik yang menggunakan mobil pribadi memilih untuk melewati jalur khusus sepeda motor karena mereka mengetahui di sekitar simpang Jomin macet parah.

Menurut dia, pada Sabtu dini hari, kondisi arus lalu lintas benar-benar padat. Bahkan di beberapa titik tertentu, arus lalu lintas jalur mudik khusus sepeda motor nyaris tidak bergerak. "Tetapi kondisi itu tidak berlangsung lama, dan tidak lebih dari satu jam. Setelah itu, arus tetap bergerak meski kecepatannya hanya 0-20 kilometer, per jam," kata dia.

Terpopuler