Ansor Magelang Turunkan Personal Bantu Pengamanan Lebaran

Red: Damanhuri Zuhri

Sabtu 26 Jul 2014 06:43 WIB

Logo GP Ansor Logo GP Ansor

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menurunkan 150 personel Barisan Ansor Serba Guna (Banser) di sejumlah lokasi strategis di daerah itu, untuk membantu aparat kepolisian dalam pengamanan dan pelayanan masyarakat selama Lebaran 2014.

"Kami menurunkan sekitar 150 personel Banser untuk membantu pengamanan dan pelayanan masyarakat," kata Ketua GP Ansor Kabupaten Magelang Ahmad Chabibullah di Magelang, Sabtu.

Menurut Ahmad Chabibullah, para anggota Banser tersebut, akan ditempatkan terutama di Kecamatan Muntilan, Salaman, Secang, dan Borobudur.

Ia menjelaskan peranan mereka dalam pelayanan Lebaran itu, sebagai wujud konsekuensi sebagai organisasi kemasyarakatan pemuda yang harus mampu menempatkan peran dan fungsinya dalam membantu keperluan masyarakat. "Dengan dasar kerelawanan di masyarakat," katanya.

Ahmad Chabibullah menjelaskan sebagian anggota Banser bertugas di pos pengamanan di berbagai ruas jalan strategis di daerah itu dan sebagian lainnya ikut dalam pengamanan takbir di kampung dan desa.

Ia mengharapkan peranan Banser tersebut juga dapat meringankan tugas pengamanan dan pelayanan Lebaran 2014 yang dilakukan aparat kepolisian.

Pada kesempatan lain, Kepala Kepolisian Resor Magelang AKBP Murbani Budi Pitono mengatakan sekitar 510 personel kepolisian dibantu TNI, Dinas Perhubungan, dan Satuan Polisi Pamong Praja diturunkan untuk pengamanan Lebaran di daerah setempat.

Pada pengamanan Lebaran kali ini kami buat delapan pos, dua pos layanan, dan dua pos pelayanan terpadu," katanya.

Ia mengatakan pos pelayanan terpadu difungsikan sebagai tanggap darurat apabila ada hal-hal yang perlu mendapatkan penanganan segera, seperti jalan putus, pohon tumbang, dan kendaraan macet di jalan.

Terpopuler