Ingin Berkendara Aman Saat Mudik? Ini Tipsnya

Rep: c70/ Red: Nidia Zuraya

Sabtu 26 Jul 2014 06:25 WIB

Pemudik sepeda motor (ilustrasi) Foto: Republika/Prayogi Pemudik sepeda motor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- National Traffic Managemen Centre (NTMC) POLRI memberikan sejumlah tips untuk pengendara kendaraan bermotor yang saat ini dalam perjalanan mudik. Berikut beberapa tips aman berkendara yang dilansir dari akun resmi @NTMCLantasPolri pada Sabtu (26/7).

1. Apabila mengantuk segeralah beristirahat, jangan paksakan berkendara. Karena keselamatan anda adalah yang utama.

2. Bagi Pesepeda dihimbau agar menggunakan lampu tambahan pada malam hari guna mencegah kecelakaan lalu lintas.

3. Bepergian malam hari sebaiknya memilih rute yang ramai dan jalur pemukiman. Hindari jalur sepi dan tentunya perhitungan waktu yang tepat saat memutuskan melewati rute tersebut.

4. Apabila anda mengalami gangguan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas ( Kamseltibcar Lantas ), silahkan anda menghubungi Call Center NTMC POLRI (Kode Area) 500669 atau SMS ke nomor 9119.

5. Jangan mengemudikan kendaraan dalam kondisi mabuk atau terpengaruh minuman keras atau narkoba, karena rawan mengalami kecelakaan.

6. Pastikan bagi anda yang masih berkendara di malam hari dalam keadaan sadar, sehat, tidak terkontaminasi oleh obat-obatan, narkoba, alkohol dan lain-lain.

7. Walaupun di malam hari, tetap budayakan tertib berlalu lintas agar terwujud lalu lintas yang aman, tertib, selamat dan lancar.

Terpopuler