Simpang Tomo Sumedang Macet 7 KM

Rep: C85/ Red: Taufik Rachman

Sabtu 26 Jul 2014 00:15 WIB

Kemacetan (ilustrasi) Foto: Republika/ Wihdan Kemacetan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SUMEDANG - Antrian sepanjang 7 km terjadi di simpang Cijelag-Tomo dari arah Sadang-Subang. Berdasarkan keterangan dari Kapolres Sumedang, AKBP Yully Kurniawan, kemacetan ini adalah akibat dari pertemuan arus dari Bandung menuju Cirebon dan juga arus Sadang-Subang.

"Kemacetan terjadi sejak pukul 7 malam, karena arus dari arah Sadang pengalihan dari Cikopo, bertemu dengan arus dari Bandung-Sumedang. Kami terus memantau pergerakan dari Cikopo. Bila di sana sudah tak bergerak sama sekali, berarti harus dialihkan ke sini, dan pasti akan ada penumpukan di sini," ujarnya.

Saat ini, kemacetan sepanjang lebih dari 7 km. Namun, karena pihak kepolisian memberlakukan sistem buka tutup maka kemacetan tidak sampai menimbulkan antrian statis. Puncak diperkirakan malam ini sampai dini hari.

"Antisipasi dari kami, yang penting semua aparat siap di pos masing-masing. Kalau dari saya, yang penting kendaraan mengalir dulu. Tidak stuck, yang penting bergerak," tambah Yulli Kurniawan.

Jalur tengah mengalami peningkatan volume kendaraan dikarenakan adanya pengalihan arus dari Cikampek mulai sore tadi. Jalur ini menghubungkan Sadang-Subang-Cikamurang dan Tomo untuk selanjutnya berlanjut ke Cirebon.

Terpopuler