Alhamdulillah, Pawai Takbiran di Medan Tidak Dilarang

Red: Julkifli Marbun

Jumat 25 Jul 2014 21:34 WIB

Sejumlah anak membawa obor dalam pawai malam Takbiran di Masjid Al Muhajirin, Kepaon, Denpasar, Bali, Rabu (7/8). (Antara/Nyoman Budhiana) Sejumlah anak membawa obor dalam pawai malam Takbiran di Masjid Al Muhajirin, Kepaon, Denpasar, Bali, Rabu (7/8). (Antara/Nyoman Budhiana)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, akan menggelar pawai malam takbiran di dua lokasi berbeda yakni di Lapangan Merdeka dan depan Kantor Kejaksaan Negeri Belawan.

"Pawai akan digelar pada malam lebaran (versi pemerintah, red) mulai pukul 19.30 WIB," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Medan Budi Hariono, Jumat.

Menurut Budi, pawai ini dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1435 Hijriah.

Di samping itu untuk mencegah masyarakat melaksanakan pawai sendiri-sendiri, termasuk menggunakan sepeda motor dengan berkonvoi sehingga mengganggu kenyamanan masyarakat dalam berlalu lintas.

Kerena selain menyebabkan terjadinya kemacetan, pawai berkonvoi dengan menggunakan sepeda motor jugai sangat rentan dengan kecelakaan.

"Untuk itu bagi masyarakat yang ingin pawai takbiran untuk membesarkan asma Allah, mari bergabung. Untuk warga yang berada di wilayah Medan bagian utara, titik kumpulnya di Jalan Sumatera (depan Kantor Kejaksaan Negeri Belawan). Sedangkan lokasi kedua ditempatkan di Jalan Pulau Penang (Lapangan Merdeka)," katanya.

Demi kelancaran pelaksanaan pawai takbiran ini, Budi berharap kepada pihak kecamatan yang telah mempersiapkan kendaraan untuk pawai maupun warga yang ingin ikut bergabung pawai bersama agar secepatnya hadir di tempat yang telah ditetapkan.

"Jika seluruh kendaraan peserta pawai sudah berada di lokasi, pelepasan pawai takbiran ini akan dilakukan secepatnya," ungkapnya.

Adapun rute pawai yang dipusatkan di seputaran Lapangan Merdeka, kata Budi, meliputi Jalan Balai Kota-Putri Hijau-H Adam Malik, Jalan T Amir Hamzah-Jaklan Kapten Muslim-Jalan Gatot Subroto-Jalan Iskandar Muda-Jalan Gajah Mada-Jalan S.Parman-Jalan Sudirman-Jalan Suprapto-Jalan Pemuda-Jalan Ahmad Yani dan berakhir di Lapangan Merdeka.

Sedangkan rute pawai takbiran untuk Medan bagian utara, terang Budi, meliputi Jalan Sumatera-Jalan Pelabuhan-Simpang Kampung Salam-Jalan Kol Yos Sudarso-Simpang Kantor-Jalan Marelan Raya-Simpang Pasar 5-Simpang Mandiri-Jalan Platina Raya Titipapan-Titipapan Simpang Yos Sudarso-Jalan Kol L Yos Sudarso-Simpang Kantor dan finis kembali di Jalan Sumatera.

"Demi kelancaran pelaksanaan pawai takbiran ini, wali kota telah mengistruksikan kepada Dinas Perhubungan Kota Medan agar berkoordinasi dengan Satlantas Poltabes," katanya.

Terpopuler