Gubernur Gusar Jembatan Comal Dilalui Bus

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Didi Purwadi

Jumat 25 Jul 2014 15:21 WIB

Kendaraan melintas di jembatan darurat Comal, Pemalang, Jawa Tengah, Kamis (24/7). Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kendaraan melintas di jembatan darurat Comal, Pemalang, Jawa Tengah, Kamis (24/7).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, gusar mendapat laporan adanya bus yang ‘lolos’ melintas di jembatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

 

Pasalnya, jembatan yang baru dibuka kembali untuk lalulintas mudik ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan golongan I atau kendaraan dengan bobot maksimal 10 ton.

 

Ia pun meminta Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) tegas mengawasi kendaraan yang melintas di jembatan ini.

 

“Tadi saya dapat laporan ada bus melintas, apakah busnya ditimbang atau tidak itu,” kata Gubernur Jawa Tengah, di Semarang, Jumat (25/7).

 

Sebab, tegasnya, kalau mentolelir kendaraan dengan bobot di atas ketentuan bisa berbahaya. Karena jembatan Comal baru saja diperbaiki.

 

Demikian pula ketentuan maksimal bobot kendaraan yang boleh melintas di jembatan ini pun sudah sangat diperhitungkan.   

 

Terkait hal ini, gubernur pun meminta kepada Dishubkominfo untuk lebih ketat mengawasi kendaraan yang melintas di jembatan Comal ini.

 

“Kalau memang kendaraan besar diperbolehkan mestinya ditimbang dulu melebihi bobot yang ditentukan atau tidak,” tegasnya.

 

Terpopuler